Minggu, 25 Januari 2015

Fungsi Produksi, Isocost, Isoquant, Hubungan Isocost dan Isoquant


1.    Jelaskan tentang fungsi produksi kemudian rumuskan model fungsi produksi !

Fungsi produksi merupakan suatu fungsi atau persamaan yang menunjukkan sifat perkaitan antara faktor-faktor produksi dengan tingkat produksi yang diciptakan.

Empat fungsi terpenting dalam fungsi produksi dan operasi adalah:
1.         Proses pengolahan, merupakan metode atau teknik yang digunakan untuk pengolahan 
        masukan (inputs),
2.        Jasa-jasa penunjang, merupakan sarana yang berupa pengorganisasian yang perlu untuk penetapan teknik dan metode yang akan dijalankan, sehingga proses pengolahan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.
3.       Perencanaan, merupakan penetapan keterkaitan dan pengorganisasian dari kegiatan produksi dan operasi yang akan dilakukan dalam suatu dasar waktu atau periode tertentu.
4.       Pengendalian atau perawatan, merupakan fungsi untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan yang direncanakan, sehingga maksud dan tujuan untuk penggunaan dan pengolahan masukan (inputs) pada kenyataannya dapat dilaksanakan.

Rumus fungsi produksi :
Q = f (L, C, R, S) atau Q = f (x1, x2, x3 …, xn)
Dimana :
Q = tingkat produksi yang dihasilkan (output)
L = tenaga kerja
C = jumlah modal
R = kekayaan alam
S = kewirausahaan
x1, x2, x3 …, xn = Faktor-faktor produksi (input) yang digunakan

2.    Jelaskan tentang Total Product, Average Product, dan Marginal Product !


1.         Produk total (Total product) yaitu keseluruhan output yang dihasilkan dari hasil penggunaan sejumlah faktor produksi tertentu.
2.        Produk rata-rata (Average product) yaitu produksi yang dihasilkan oleh satu orang tenaga kerja atau input variabel (AP = TP / L)
3.       Produk marjinal (Marginal product) yaitu tambahan produk yang diakibatkan oleh bertambahnya seorang tenaga kerja, dan sebaliknya (MP = DTP / DL)


3.    Jelaskan hubungan antara Total Product, Average Product, dan Marginal Product dalam sebuah grafik dan berikan penjelasannya !


Gambar di atas memperlihatkan bahwa antara titik A dan C adalah pertambahan produksi. Titik C adalah total produksi mencapai maksimum artinya tambahan input tidak lagi menyebabkan tambahan output atau produksi yang semakin berkurang (Law of Diminishing Marginal Productivity) MP adalah nol (C1). Sedangkan produksi rata-rata (AP) mencapai maksimum adalah pada saat elastisitas sama dengan 1 dan AP berpotongan dengan MP artinya rata-rata sama dengan tambahan output akibat tambahan 1 unit input produksi, dengan asumsi faktor produksi lain dianggap konstan.

Isoquant adalah garis yang menghubungkan titik-titik yang menunjukkan kombinasi dua atau lebih masukan yang akan menghasilkan produk dalam jumlah yang sama.

Isocost adalah garis yang menghubungkan titik-titik yang menunjukkan kombinasi dua atau lebih masukan yang akan memberikan jumlah total biaya yang sama.




 
4.    Buatlah sebuah grafik Isoquant dan Isocost dan hubungan antara kedua grafik tersebut !
 








1 komentar:

halbertkaczorowski mengatakan...

Titsanium-arts.com Titsanium-Arts.com, Inc.
Titsanium-Arts.com. Titsanium-Arts.com. Titsanium-Arts.com. Titsanium-Arts.com. titanium nose hoop Titsanium-Arts.com. Titsanium-Arts.com. 2021 ford escape titanium hybrid Titsanium-Arts.com. Titsanium-Arts.com. titanium belly rings Titsanium-Arts.com. Titsanium-Arts.com. titanium alloy nier replicant Titsanium-Arts.com. titanium pipes Titsanium-Arts.com. Titsanium-Arts.com.